Advanced Oxidation Processes (AOP)

APA ITU ADVANCED OXIDATION PROCESSES (AOP) ?

Advanced Oxidation Processes (AOP) atau disebut Proses Oksidasi Tingkat Lanjut merupakan teknologi pengembangan dari oksidasi konvensional yang melibatkan Radikal Hidroksil (OHo). Radikal Hidroksil yaitu golongan oksidator  paling reaktif  untuk menguraikan senyawa kimia dan organik. Proses oksidasi gabungan yang paling umum adalah UV & H2O2, Ozon & UV dan Ozon & H2O2. Penggabungan ini dilakukan guna untuk meningkatkan sifat dan kecepatan oksidasinya. Alasan peningkatan ini adalah untuk menciptakan radikal hidroksil yang memiliki potensi proses oksidasi yang lebih tinggi dan bereaksi sangat cepat dengan kemampuan mendegradasi (fragmentasi) hampir semua senyawa organic pollutants. Oleh karena itu, peningkatan dan percepatan reaksi ini menghasilkan hasil pengolahan yang lebih baik dengan tingkat degradasi dan kinetika yang lebih cepat. 

Keunggulan dari sistem AOP yang dikembangkan oleh PT ZEFA VALINDO JAYA adalah dengan menggunakan atau mengkombinasikan tiga teknologi pengolahan terbaik (Ozon, UV, dan Hidrogen Peroksida) untuk membuat radikal hidroksil, yaitu oksidan utama untuk menguraikan senyawa kimia dan organik yang tidak diinginkan seperti TOC, COD dan BOD pada tingkat reaksi yang sangat tinggi/cepat. Tidak seperti metode pengolahan fisika dan biologi, AOP tidak menghasilkan tambahan produk sampingan dan lumpur, menghilangkan kebutuhan untuk penanganan lebih lanjut.  Proses penguraian target pollutant pada air limbah dengan teknologi AOP dapat dilihat pada gambar skema berikut:




APA KEUNTUNGANNYA MENGGUNAKAN AOP ?

Keuntungan utama dari teknologi ini adalah sepenuhnya atau sebagian besar dapat menghancurkan senyawa organik pada suhu kamar dengan mengubah senyawa tersebut menjadi berbagai intermediate yang tidak berbahaya dan produk akhir, seperti asam karboksilat, karbon dioksida (CO2) dan halida ion. 

Dan tidak membutuhkan lahan yang luas (less foot print) dapat dilihat seperti pada layout pada gambar sebelah kiri ini untuk contoh kapasitas 100 m3/hari. Pemanfaatan teknologi AOP ini dapat kami anjurkan didukung dengan banyak pengalaman proyek yang telah dikerjakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UOS Teknologi Revolusioner untuk Mengatasi Limbah B3

Proyek STP (Sewage Treatment Plant) Green Bay Pluit Jakarta

Implementasi Biocleaner pada Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Farmasi