Pengerjaan Advanced Sewage Treatment Plant (A-STP) di PT Ikaindo Medan

Pengerjaan Advanced Sewage Treatment untuk pengolahan limbah domestik oleh PT Zefa Valindo Jaya
Keterbatasan lahan seringkali menjadi hambatan utama bagi kita dalam mengolah air limbah.

Terutama dengan pengolahan limbah konvensional yang membutuhkan penggalian serta konstruksi sipil untuk membangun bak-bak pengolahan. Hal ini tentu saja memakan biaya, waktu, dan lahan yang tidak sedikit.



PT Zefa Valindo Jaya menghadirkan solusi atas permasalahan tersebut melalui sistem yang kami kembangkan yaitu Advanced Sewage Treatment Plant atau ASTP. Sistem ini merupakan bentuk terbarukan dari pengolahan limbah konvensional yang menghasilkan air olahan dengan kualitas sangat baik dalam waktu yang lebih singkat. ASTP hadir dalam bentuk tabung bersekat sehingga sangat efisien dalam penggunaan lahan serta bersifat portable / movable.



Pengerjaan Advanced Sewage Treatment Plant oleh PT Zefa Valindo Jaya

Dalam kesempatan ini PT Zefa Valindo Jaya dipercaya oleh PT IKAINDO untuk menerapkan teknologi ASTP guna mengolah limbah domestik dari kegiatan harian karyawan. 


Dalam prosesnya, ASTP memanfaatkan pengolahan biologis baik dalam kondisi anaerob maupun aerob untuk menguraikan materi organik yang terkandung dalam limbah. 

Proses pengolahan dimulai dengan menyisihkan padatan yang terbawa dengan mengalirkan limbah melewati basket screen sebelum memasuki equalization chamber. Selanjutnya air limbah diolah secara biologis oleh bakteri anaerob dan aerob yang terlekat pada media biofilter berupa honeycomb, bioball dan MBBR.




Pada proses pengolahan aerob, kami menggunakan diffuser dengan teknologi micro bubble yang memungkinkan oksigen untuk lebih mudah larut dalam air. ASTP kami lebih hemat energi dibandingkan unit pengolahan lain sejenis karena hanya menggunakan satu pompa untuk diffuser oksigen dan resirkulasi lumpur aktif.




Air limbah yang sudah sebagian besar terolah akan masuk ke Biobox dimana lumpur yang masih terbawa akan disisihkan dan dipompa kembali ke pengolahan aerobik sebagai returned activated sludge (RAS).  


Air olahan yang sudah bersih kemudian masuk ke chlorination chamber, pembubuhan klorin sebagai desinfektan berfungsi untuk menyisihkan kandungan bakteri dan mikroba dalam air.


Seluruh proses ini memakan waktu antara 18-24 jam dan menghasilkan keluaran berupa air bersih yang sangat aman untuk dibuang ke lingkungan. Kami juga menyediakan pengolahan lanjutan apabila terdapat kebutuhan untuk pemanfaatan kembali air (reuse/recycle water).


Berikut beberapa dokumentasi pengalaman pengerjaan ASTP yang dilakukan di PT IKAINDO pada tahun 2020.



Pengerjaan Advanced Sewage Treatment untuk pengolahan limbah domestik oleh PT Zefa Valindo Jaya


Jika Anda memiliki kebutuhan instalasi teknologi maupun chemical untuk  pengolahan limbah, silahkan hubungi kami di +62218873531, atau email kami di info@zevanya.com. Anda juga dapat berkonsultasi dengan CS kami secara online di website zevanya.com, dan untuk melihat katalog atau melakukan pembelanjaan secara online dapat melalui e-commerce kami di zefatech.id.


Untuk membeli media filter, filter udara HVAC, maupun chemical lainnya dapat melalui Tokopedia PT ZEFA di sini.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Advanced Oxidation Processes (AOP)

Implementasi AOP (Advance Oxidation Process) Technology pada Instalasi Pengolahan Air Sampah (Lindi) di TPA Bantar Gebang

Wastewater Treatment Plant (WWTP / IPAL)