Implementasi Biocleaner pada Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Farmasi




PT Zefa Valindo Jaya selaku perusahaan penyedia teknologi (Technology Provider / OEM) di bidang water & air treatment mendapatkan kepercayaan untuk meningkatkan (improvement) kinerja daya olah (treatability or digesting improvement) suatu instalasi pengolahan limbah (IPAL) di sebuah perusahaan farmasi terkenal PT Darya Varia Laboratoria, yang berlokasi di wilayah Kabupaten Bogor.

Teknologi terpilih yang digunakan dalam kesempatan ini ialah dengan pemanfaatan (utilize) bakteri/mikroba khusus (selected microbes) yang telah mendapatkan sertifikasi patent grade "A" dari USA dan juga HAKI di Indonesia. Biocleaner ditempatkan pada bak aerasi (aerobic pond) dan setelah beberapa hari kemudian langsung terlihat perubahan yang signifikan dengan peningkatan hasil olahan hingga mencapai target baku mutu yang diharapkan sesuai regulasi yang berlaku. Adapun hasil olahan yang didapatkan berdasarkan pemeriksaan/analisa lab internal, sebagai berikut:

  • COD inlet: 1300 mg/l,  COD outlet: 0 mg/l; Baku Mutu: 100 mg/l maksimum
  • TSS inlet: 406 mg/l,  TTS outlet: 4 mg/l; Baku Mutu: 30 mg/l maksimum
  • NH3-N inlet: >50 mg/l, NH3-N outlet: 0,8 mg/l; Baku Mutu: 10 mg/l maksimum
  • pH inlet: 6,52  pH outlet: 7,90; Baku Mutu pH: 6 - 9
Berdasarkan data hasil analisa tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa semua parameter inti telah mencapai standar baku mutu bahkan jauh dibawah ambang batas yang ditetapkan sesuai regulasi yang berlaku. 

Untuk memvalidasi hasil analisa lab internal tersebut sample akan dikirimkan ke laboratorium independent dan bersertifikat (accredited lab) untuk tujuan analisa pembanding (second opinion).

Perlu kami tambahkan informasi kepada para industrialis, municipalities dan pelaku bisnis di bidang water & wastewater treatment khususnya bahwa perusahaan kami memiliki beberapa teknologi baik bersifat konvensional hingga advanced technologies. Kami merekomendasikan pemanfaatan teknologi disesuaikan dengan kasus per kasus (case per case) dan sasaran (objectives) yang ingin dicapai dan disesuaikan pula dengan budget yang tersedia. Intinya kami menyediakan teknologi water & air treatment yang reliableaffordable buat clients/customers.

Bagi yang ingin mengetahui lebih jauh tentang teknologi ini dan berbagai teknologi unggul lainnya silahkan menghubungi kami untuk berkonsultasi, cek pada kontak kami
.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Advanced Oxidation Processes (AOP)

Implementasi AOP (Advance Oxidation Process) Technology pada Instalasi Pengolahan Air Sampah (Lindi) di TPA Bantar Gebang

Wastewater Treatment Plant (WWTP / IPAL)